SELAMAT DATANG DI DUNIA KACA FILM
Blog ini berisikan informasi seputar kaca film. Bagi Anda yang ingin bertukar link dengan Blog kaca film, silahkan Klik Mister Linky yang ada dibawah halaman Blog kaca film ini.

Monday, April 13, 2009

Hemat Energy dengan Kaca Film

Sekarang ini sedang nge-trend bangunan serba minimalis. Kebanyakan bangunan tersebut berbentuk simple dengan banyak jendela yang besar ataupun serba kaca pada sisi bangunannya.
Bentuk jendela yang lebar ataupun dominan kaca pada bangunan bertujuan untuk memberikan penerangan yang lebih pada
ruangan, sehingga tidak banyak lampu yang digunakan pada siang hari akan membuat hematnya pemakaian energi lsitrik.

Ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu lokasi bangunan anda. Bila bangunan berada di dataran yang tinggi (puncak, bogor, bandung), yang suhu udaranya cenderung sejuk bahkan dingin, bentuk bangunan yang didominasi kaca akan sangat cocok diterapkan. Karena selain hawa udara yang ada sudah sejuk / dingin, dengan dominan kaca maka cahaya matahari juga akan menghangatkan ruangan anda.

Tetapi bagaimana bila model bangunan tersebut diterapkan pada dataran rendah, yang notabene berhawa panas (seperti
jakarta)? Otomatis, anda akan memerlukan AC untuk mendinginkan ruangan anda agar panas udara tidak terasa menyegat lagi. Jadi alih-alih ingin menghemat energi listrik, tetapi malahan anda akan dibebani dengan tagihan yang membengkak karena kerja AC anda yang ektra luar biasa untuk selalu mendinginkan ruangan anda yang panas.

Ada solusi yang baik untuk anda yang tinggal di dataran rendah untuk tetap bisa memiliki bangunan minimalis dengan dominan kaca/jendela lebar, yaitu dengan memasang kaca film pada kaca-kaca anda.

Tentunya kaca film yang dipilih haruslah yang dapat menolak panas ataupun mereduksi panas sinar matahari. Ada yang modelnya gelap (riben) dengan prosentase dari 30% hingga 90%, dan ada juga yang "clear" tetapi dapat mengurangi panas (yang tipe ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan riben).

Dengan memasang kaca film sesuai kebutuhan, maka ruangan anda akan lebih sejuk dan kerja AC anda akan lebih ringan untuk mencapai suhu yang diingikan. Secara otomatis hal ini akan menghemat pemakaian listrik anda.

Jadi kaca film selain dapat digunakan untuk mengurangi panas, kaca film dapat juga berguna untuk menghemat energi.

Selamat mencoba !!!